Ayah&Bunda, tentu kehadiran buah hati dalam sebuah ikatan pernikahan menjadi hal yang paling diimpikan oleh setiap pasangan bukan? Kelahiran buah hati pun menjadi sumber kebahagiaan bagi orang tua baru. Di balik itu, tentu terdapat Amanah dan tanggung jawab yang harus dijaga dan dijalankan oleh Orang Tua. Bukan tidak mungkin, menjadi suatu keharusan bagi setiap orang tua untuk mengetahui apa yang harus dilaksanakan terlebih dahulu saat menyambut kelahiran buah hati.

Dilansir dari laman Republika, terdapat beberapa sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh orang tua baru saat menyambut kelahiran buah hati ke dunia. Bahkan, Allah SWT telah berfirman dalam ayat suci Al Quran, yang artinya:

“Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedangkan ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (ia berkata): ‘Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya’.”

Selain hal tersebut, lantas apa yang harus dilaksanakan oleh orang tua ketika menyambut kelahiran buah hati tercinta? Inilah beberapa sunnah yang dianjurkan bagi umat Islam untuk laksanakan dalam menyambut kelahiran Buah Hati tercinta:

  1. Diperdengarkan Adzan dan Iqamah pada kedua telinganya

InsyaAllah dengan memperdengarkan lantunan suara adzan, dapat menanamkan benih keimanan dalam hati bayi sejak kecil. Hal tersebut telah diriwayatkan dalam salah satu hadist, dalam hadist tersebut Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang melahirkan seorang anak, lalu mengumandangkan adzan pada telinga kirinya, maka dia tidak akan dicelakakan oleh Ummu Shibyan.”

  • Tahnik Bayi dengan buah Kurma

Ketika buah hati telah lahir, seorang ayah hendaknya mentahnik si bayi dengan buah kurma. Tahnik adalah mengunyah kurma sampai hancur lalu kurma tersebut diletakkan pada langit-langit mulut sang bayi. Yang digunakan untuk mentahnik adalah tamer atau kurma kering. Jika tidak ada, orang tua bisa menggunakan kurma basah yang baru dipanen, atau madu.

  • Menyiapkan Nama terbaik

Penting bagi Orang Tua untuk memberikan nama yang baik yang menjadi doa dan identitas bagi si anak hingga ia dewasa. InsyaAllah jika makna dari Nama tersebut baik, maka itu akan menjadi doa tersendiri bagi si buah hati hingga dewasa kelak.

  • Aqiqah dan mencukur rambut Bayi

Memotong hewan Aqiqah berupa 1 ekor domba untuk bayi perempuan dan 2 ekor domba untuk bayi laki-laki pun merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita, orang tua baru bagi buah hati. Selain itu, disunnahkan pula untuk mencukur seluruh rambut yang ada di kepala, bukan hanya sebagiannya saja. Kemudian ditimbang dan hasilnya disetarakan dengan perak yang kemudian disedekahkan untuk fakir miskin.

Hal tersebut telah diriwayatkan dalam sebuh hadist, dalam hadist tersebut Rasulullah SAW berpesan kepada Fatimah:

“Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak seberat rambutnya kepada orang-orang miskin.”

“Setiap anak yang baru lahir tergadai dengan aqiqahnya, (sampai) disembelihkan (aqiqah) itu untuknya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diberi nama.”

Informasi Aqiqah Al Hilal

📱 Pemesanan CS WA Gegerkalong: 0812 2242 9223

📱 Pemesanan CS WA Cibiru: 0877 0034 7724

📍 Alamat Kantor: Jalan Gegerkalong Hilir No.155A, Kota Bandung

Kategori: Blog