Aqiqah Madenah, Bandung – Apakah ada cara cepat hamil setelah haid selesai? Ya, ada! Sebab menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Ulul Albab, haid yang teratur adalah salah satu tanda kesuburan dari seorang wanita.

Artinya? Tidak salah jika mengharapkan hamil setelah haid selesai. Namun sudahkah Anda tahu caranya?

Bagaimana Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai?

Hal pertama yang perlu dipahami bila ingin cepat hamil, lakukan lah hubungan seks menjelang waktu ovulasi atau saat masa subur, yang terjadi ketika ovarium melepaskan sel telur.

Namun ingat, menurut dr. Ulul Albab, setiap wanita memiliki waktu ovulasinya masing-masing. Mengapa demikian? Karena setiap orang memiliki siklus haid yang berbeda-beda.

“Makanya perlu penegasan tentang situasi siklus menstruasi, itu sangat penting, itu yang menentukan (peluang kehamilan),” ujar dokter yang praktik di RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur, ini.

“Kita anggap siklus haid 28 hingga 30 hari, ya sudah hitung dari hari pertama haid (agar tahu ovulasi), hubungan yang teratur tidak menentukan keberhasilan kehamilan itu sendiri, (harus berhubungan seks) di masa subur, kalau tidak di masa subur, enggak ada telur yang turun,” tambahnya.

Medical News Today melansir, ada studi tahun 2019 dengan menggunakan data dari aplikasi pemantau kesuburan. Studi tersebut menemukan bahwa seseorang bisa hamil dengan melakukan hubungan intim dari 7 hari sebelum ovulasi hingga 1 hari setelah ovulasi.

Kebanyakan wanita berovulasi menjelang pertengahan siklus menstruasi mereka, sekitar hari ke-14 dan hampir selalu sebelum hari ke-20. Sehingga dr. Ulul menegaskan, jika Anda ingin hamil setelah haid selesai dan mengetahui masa subur, catat kapan hari pertama haid dan kapan selesai haid, setiap bulannya.

Cara Mengetahui Masa Subur Agar Cepat Hamil

Untuk mengetahui kapan masa subur, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut penjelasannya seperti yang dikutip dari National Health Service:

  1. Mengetahui lamanya siklus haid, masa subur biasanya terjadi sekitar 10 hingga 16 hari sebelum haid dimulai. Jadi coba berhubungan seks saat masa-masa ini.
  2. Perhatikan lendir serviks, mungkin akan lebih basah, lebih jernih, dan lebih licin di sekitar waktu masa subur
  3. Cek suhu tubuh, karena biasanya ada peningkatan suhu tubuh setelah masa subur terjadi yang mungkin terdeteksi oleh termometer
  4. Gunakan alat tes ovulasi, kadar hormon meningkat sekitar waktu masa subur dan ini dapat dideteksi menggunakan alat tes ovulasi yang mengukur kadar hormon lewat kencing. Bisa Anda beli di apotek atau toko online.

Selamat mencoba beberapa cara cepat hamil ini!

Kategori: Blog

Chat Sekarang
1
Chat Sekarang
Ada yang bisa kami bantu untuk Aqiqahnya..?

Dapatkan promo bonus 1 panci gule kaki kepala, souvenir & voucher aqiqah sekarang..!