Manfaat Rambutan Untuk Ibu Hamil, rambutan memang menjadi salah satu buah yang umum dijumpai di Indonesia. Alasannya, tentu karena buah ini hanya tumbuh di kawasan tropis saja, dan Indonesia adalah salah satunya.

Mencari buah rambutan tentu tidaklah sulit. Tidak hanya di pasar tradisional, rambutan juga mudah ditemui di kedai toko buah pinggir jalan, penjual buah keliling, hingga toko buah modern sekalipun.

Tak hanya rasanya yang enak, menurut Data Pangan Kemenkes RI, buah rambutan memiliki banyak nutrisi sehingga baik untuk memenuhi asupan gizi ibu hamil.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah rambutan, meliputi serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, zinc, dan vitamin C.

Semua nutrisi rambutan, bukan hanya menyehatkan sang ibu, melainkan juga janin yang ada di dalam kandungannya.

Manfaat Rambutan Untuk Ibu Hamil

dikutip dari AloDokter dan TheAsianParent, berikut ini adalah berbagai manfaat mengkonsumsi buah rambutan bagi ibu hamil yang perlu bunda ketahui:

1. Membantu pembentukan tulang janin

Mengkonsumsi buah rambutan saat hamil juga dapat membantu memenuhi asupan kalsium. Mineral ini diperlukan sang ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulangnya, sekaligus membantu pembentukan tulang janin di dalam kandungan.

2. Memelihara kesehatan pencernaan selama hamil

Kandungan serat tidak larut dan larut air di dalam rambutan efektif untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan ibu hamil.

Selain itu, serat tidak larut di rambutan juga berguna untuk melancarkan proses pengeluaran tinja dari dalam tubuh, sehingga mencegah sembelit selama hamil.

Baca Juga: Paket Aqiqah di Bandung yang Higienis & Berkualitas

https://aqiqahmadenah.com

3. Mencegah anemia saat hamil

Buah rambutan juga kaya akan kandungan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

Kekurangan zat besi selama hamil bisa menyebabkan komplikasi selama kehamilan, seperti bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, depresi pasca melahirkan, hingga risiko kematian.

4. Membantu meningkatkan kualitas ASI

Tidak jauh berbeda dengan proses kehamilan, selama menyusui pun Bunda membutuhkan beragam nutrisi untuk membantu melancarkan dan meningkatkan produksi ASI.

Kandungan mineral dan nutrisi pada rambutan dapat membantu Bunda agar kualitas ASI lebih bagus dan kebutuhan nutrisi si kecil pun terpenuhi dengan baik.

5. Meringankan gejala pusing

Pusing menjadi kendala yang sering Bunda rasakan saat menyusui. Pasalnya, berbagai tekanan atau rasa lelah yang mungkin Bunda rasakan dalam mengurus si kecil bisa mengakibatkan gejala pusing di kepala.

Untuk bantu meringankan gejala pusing tersebut, terutama pada masa menyusui, Bunda bisa mengonsumsi buah rambutan.

Rambutan mengandung zat besi dan gula yang dapat meringankan gejala pusing. Bukan hanya itu, kandungan zat besi ini pun akan berguna untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu menyusui.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain zat besi, kandungan vitamin C di rambutan juga tergolong tinggi. Vitamin C berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu penyerapan zat besi dari makanan.

7. Menurunkan berat badan ibu hamil

Tahukah Bunda selain mengandung kalori yang rendah dan serat yang tinggi, ternyata rambutan juga mengandung karbohirat. Kombinasi dari berbagai zat inilah yang dapat membuat sensasi rasa kenyang bisa bertahan lebih lama sehingga nafsu makan pun berkurang.

Kategori: Blog